2BProgrammer

Belajar Menjadi Programer



Another Tit-Bit...

PENGENALAN DASAR PHP

1. Tentang PHP

PHP adalah Bahasa Pemrograman Berbasis Web Server yang ditemukan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Mulanya, Rasmus Lerdoft membuat sejumlah script Perl yang dapat mengamati siapa saja yang dapat melihat-lihat daftar riwayat hidupnya., pada awal tahun 1995 script-script ini selanjutnya dikemas menjadi tool dalam PHP 1 saat itu PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page.
Pada Oktober 1995, Rasmus menciptakan PHP/FI Versi 2. Pada versi inilah pemrograman dapat menempelkan kode terstruktur di dalam tag HTML. Yang menarik, kode PHP juga bisa berkomunikasi dengan database dan melakukan perhitungan-perhitungan yang kompleks. Pada saat ini PHP mulai populer sebagai piranti pemograman web
Pada tahun 1998 lahirlah PHP3 yang kemudian kepanjangan PHP diubah menjadi Professional Home Page dan sekarang berubah menjadi PHP Hypertext Preprocessor.
Pada dasranya PHP dirancang untuk membuat aplikasi web dinamis. Yakni, PHP dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini. Misal, menampilkan isi database ke halaman web. Pada prinsipnya PHP mempunyai fungsi yang sama dengan script-script seperti ASP (Active Server Page), Cold Fusion, ataupun Perl. Namun, perlu diketahui bahwa PHP sebenarnya bisa dipakai secara command line. Artinya, script PHP dapat dijalankan tanpa melibatkan web server maupun browser.


2. Komponen-Komponen Pendukung Sistem PHP

Mulanya, PHP dirancang untuk diintegrasikan dengan web server Apache. Namun, belakangan PHP juga dapat bekerja dengan web server seperti PWS (Personal Web Server), IIS (Internet Information Server), dan Xitami. Untuk mencoba PHP, Anda tidak perlu menggunakan komputer berkelas server. Hanya dengan sebuah komputer biasa, Anda bisa mempelajari dan mempraktikan PHP. PHP bersifat bebas dipakai kita tidak perlu membayar apa pun untuk menggunakan perangkat lunak ini.
PHP termasuk bahasa pemrograman berbasis server-side. Untuk menjalankan sistem PHP pasanglah  komponen-komponen pendukung sebagai berikut :

1). Aplikasi Web Server
  • Diantara aplikasi web server yaitu Apache Web Server, kali ini kita akan menggunakan apache sebagai web server.
2). Program PHP
  • PHPMyAdmin Database Manajer
  • PHP Script Language
3). Database Server
  • MySQL Database
Apache Web Server, Program PHP dan MySQL Database sudah ada dalam satu paket aplikasi yaitu AppServ, anda dapat  men-download-nya secara gratis disini :

sidoware.blogspot.com
atau disini:
Appserv-for-win32.rar

Adapaun panduan menginstal AppServ dapat di download gratis disini :
2bprogrammer.blogspot.com

4). Aplikasi Browser
Saat ini web browser sangat banyak macamnya, anda dapat memilih satu dari macam-macam web browsersebagai berikut :
  • Firefox
  • Internet Explorer
  • Netscape Navigator 
  • Google Chrome
  • Safari Web Browser
  • Ataupun yang lainnya.
5). Aplikasi Text Editor
Ini bertujuan untuk mempermudah kita dalam mengetik script-script PHP. Anda dapat memilih dari beberapa pilihan sebagi berikut :
  • Macromedia Dreamweaver
  • Web Builder
  • PHPed
  • Notepad
  • Vi
  • Emac
  • UltraEdit
  • Ataupun yang lainnya.
Dari sekian banyak macam aplikasi text editor, saya merekomendasikan anda agar menggunakan Macromedia Dreamweaver, karena fasilitasnya lumayan kompleks dan sangat memudahkan kita saat mengetik script PHP.


3. Memulai PHP
      Bukalah aplikasi text editor anda misalkan notepad, ketiklah kode dibawah ini pada notepad :

      <html>
      <head>
      <title>Latihan PHP</title>
      </head>   
      <body>Selamat Anda Berhasil !!!<br>
      Tanggal Sekarang :
      <?
      echo date("d F Y");
      ?>
      </body>
      </html>

Simpan kode di atas dengan nama contoh01.php pada direktori “C:\AppServ\www\latihan \contoh01.php” dan perlu diperhatikan saat menyimpan pada Save As Type pilihlah All Files. Setelah disimpan jalankan pada browser, caranya ketiklah pada browser “localhost\latihan \contoh01.php”


Perhatikan kode dibawah ini :

    <?
    echo date("d F Y");
    ?>

Inilah kode php, selain itu merupakan kode html. Script php diawali dengan “<?” atau bisa juga <?php”dan diakhiri dengan “?>”, setiap statement pada php harus ditutup dengan titik koma “;” dan “echo date(“d F Y”);“ adalah kode untuk mencetak tanggal pada browser.
Untuk pengenalan php cukup sekian dulu.

Tutorial selengkapnya dapat di download disini:
Pengenalan Dasar PHP.pdf

Ikuti terus perkembangan blog http://2bprogrammer.blogspot.com/.
Terima Kasih.

Pengunjung Sebelumnya Juga Membaca Ini :



0 komentar:

Posting Komentar